Tuesday, October 27, 2009

Yogurt Attack!

Jauh sebelum Personale photo diluncurkan – masih berupa ide, konsep, mirip angan-angan – aku membuat beberapa rencana bisnis. Rencana ‘amatiran’ ini dibuat berdasarkan hasil tanya kiri-kanan ke temen-temen yang lebih dulu berbisnis, baca-baca buku dan pengalaman orang lain, plus tanya ke diri sendiri.

Setelah meluncurkan Personale, aku kemudian mengeksekusi business plan yang lain: usaha Yogurt. Usaha ini dimulai selepas lebaran kemaren dan diberi label NATURALE – home-made yogurt, yogurt rasa buah seperti stroberi, leci, anggur, mangga dan melon.


Sebenarnya, rencana ini sudah ada sejak lama. Niat awalnya adalah membantu kakak iparku yang membuat Yogurt yang super duper enak banget (menurut aku yaaaa!) di Bandung.

Selain itu, kupikir berjualan yogurt bisa membuat aku belajar untuk bertemu langsung orang-orang. You know… doing the ‘actual’ marketing stuff yang biasanya ‘agak malu’ buat dilakukan. Yah, dengan kata lain: memperkuat mental, hahahah!

Oke, jadi wartawan juga ketemu banyak orang dan mesti siap ‘malu’. Tapi, terus terang, ada perbedaan yang BESAR antara keduanya. Jadi wartawan itu banyak previlegenya, kita ‘seolah-olah’ equal dengan nara sumber, dan selalu menempatkan diri di posisi sejajar dengan mereka. Tapi kalo jualan? Boooo… boro-boro! Kalo produk yang dijual nggak oke, dilirik juga nggak!

Serunya, Yogurt kami diterima dengan sukses! Pertama kali dibawa adalah ke acara buka puasa bersama di kompleks. Begitu bedug magrip bunyi, itu yogurt langsung abis! Lalu, aku menawarkannya ke tempat makan bubur ayam langganan aku dan abang di kompleks. Disana juga diterima dengan baik.

Sampai kemudian aku dan abang iseng bertanya ke pengurus salah satu sentra komunitas dalam kompleks yang sering rame bazaar sarapan tiap weekend. Ternyata… ada satu lagi meja kosong! Tanpa harapan tinggi kami memulai. Eeehhh… ternyata nggak sampe dua jam, semua yogurt yang dibawa udah habis!!!

Yang paling rewarding adalah melihat wajah orang-orang saat menyeruput yogurt: kayaknya menikmatiiii banget. Terus senyum sumringah dan bilang, “Enaaakk..!”. Wah, itu rasanya luar biasa! Yang ada si abang selalu ‘ngeledek’, katanya wajahku bersinar-sinar hepi dan segar setiap kali selesai dari bazaar. “Kamu jadi cantik kalo abis jualan yogurt!” Halah!

Nggak cuma itu, we took it to the next level! Thanks to Mbak Chika, dan panitia pesta blogger 2009, aku berjualan yogurt di Bazaar pesta blogger. Hasilnya??? Wuaaaahhh… dari hampir 600an cups yang dibawa, hanya ada sedikit yang tersisa! Yippee!

Bahkan, Stormtrooper (yang ternyata adalah mas wahyu aditya yang terkenal itu!) juga nagih sama yogurtnya, hahaha!

Walaupun jadi nggak bisa bebas haha-hihi di pesta blogger, tapi jadi hepi banget bisa jadi tempat buat ‘melepas dahaga’ para partisipan yang bener-bener kehausan!

Oh, I know, Naturale Yogurt rocks!

13 comments:

yati said...

untung saya sempet menikmati kemaren. dan enaaaakkkk! apa pengaruh gratisnya ya? (bener ga sih kemaren itu gratis buat saya? hihihi...)

soalnya, pagi2 besoknya abis pesta blogger, saya coba beli di mini market yang pabrikan gitu. penasaran soalnya. hasilnya? ga enak!

waktu dinda nawarin kemaren sebenernya juga agak ragu awalnya karena saya ga terlalu suka yogurt setelah 2-3 kali beli dan rasanya ga enak. setelah dicoba, eh enak :D

errr...ga ada gratisan dua kali ya? hahahaha...ga tau diri benerrr :)) :))

sukses yaaaa bisnis2nya. tar kalo dah jadi konglomerat kan saya makin gampang minta gratisan (lagi????) :))

hedi said...

jadi, mau pilih bisnis mana nih; yogurt atau foto keliling? however, both are yours ;))

Dinda said...

@yati: hehehe... selain gratis, dan pengaruh panas, kayaknya emang enak sih. dulu gue juga ga suka yogurt soalnya. begitu rasa buatan kakakku ini, langsung cinta!!!

@mas hedi: mau belajar jadi konglomerat mas. punya bisnis di segala lini :D

Mbilung said...

enaaaak ... gila, enaaaak ... sumpah deh, enaaaak ... sudah coba semua rasa dan semuanya enaaaak ...

soulharmony said...

koq aku ga dikasih

nengjeni said...

sebenernya aku juga bukan penyuka yogurt... tapi naturale bedaaaaa bangeeeettt...... kapan buka konter di bogor na? anak2 juga ketagihan tuh ..

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

wah yogurtnya masih terbawa mimpi sampai skarang lo

cK said...

seriously, yoghurtnya enak banget! aku sampai beli 4 atau 5. entahlah, lupa hahahaha...

mbak, ada layanan deliverynya ga? saya pengen lagi nih... :D

dewi said...

iyah, yogurtnya enak euy! sayah penggemar yogurt, lassie dan sejenisnya :D dan kmaren itu uenaakkk banget.. pemasaran baru sekitar cibubur yah jeung?

Dinda said...

@Mbilung: heheh... makasih pak!
@soulharmony: loh, kok nggak minta?
@nengjeni: mudah-mudahan suatu saat bisa buka konter di bogor ya bu. untuk sementara, delivery service dulu aja :D
@KDRI: wah, keren dong mimpinya! hehehe.. mau lagi? bilang ajaaaa..
@ck: tinggal bilang kok mbak chika, langsung dianter!
@dewi: sekarang sedang dimulai buat delivery servis jeung. jadi mudah-mudahan bisa kemana-mana dalam waktu dekat.

ipied said...

dapet linkmu dari blognya Mbak Yati.. wah ternyata pembuat Yoghurt itu punya blog :D hehehehe..

Saya suka Yoghurtnya, enak... dengan rasa manis dan kekentalan yang pas :D
hehehe

lah kok saya malah testimoni di sini hihihih...

Salam kenal ya Mbak :D

mariskova said...

aku gak berani makan yoghurtnya kemaren pdhl udah dibeliin temenku. perutku yg rada manja ini gak temenan sama yoghurt. gimana kalo dinda jual yg lain aja? pizza gitu? huehehehe

Eko Krisnanto said...

Hi nama saya Eko, saya memproduksi Yoghurt, Yoghurt SAE Froyo diproses dari susu murni non fat yang segar dan sehat, Saat ini SAE Froyo menyediakan aneka product yoghurt fresh berdasarkan order saja untuk area Surabaya dan sekitarnya. Yoghurt SAE Froyo terjaga kesegarannya dan tidak menggunakan bahan pengawet. Product yoghurt yang kami hasilkan bertekstur lebut dan creamy, silahkan untuk mengunjungi website http://saefroyo.blogspot.com untuk informasi lebih lanjut, thx's atas promosinya.